KULIAH UMUM PRODI BK FKIP UR

www.bk.fkip.unri.ac.id

Rizka Yulia Putri

Pekanbaru (Infokom BK) : Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) melaksanakan kegiatan Mata Kuliah Umum (MKU) dengan menghadirkan pemateri dari Universiti Putra Malaysia (UPM) yakni Prof. Dr. Mansor Abu Talib. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat (05/06). Kegiatan ini bertempat di ruangan serbaguna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau dan berlangsung selama dua jam (09.00-11.00).

Kuliah Umum dengan tema “Meningkatkan Profesionalisasi Konselor dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan Mahasiswa Prodi BK saja, namun jajaran dosen juga turut menghadiri kegiatan ini seperti Kepala Prodi (Ka Prodi) Dra. Hj. Rosmawati, S. S., M. Pd., Kons., Drs. Abu Asyari, Kons.,Prof. Dr. H. Zulfan Saam, MS., Dra. Hj. Elni Yakub, MS., Dra. Hj. Tri Umari, M. Si., Aluwis. S. Pd. dan Donal, S. Pd., M. Pd.

Dalam kata sambutannya, Prof. Zulfan Saam yang bertindak sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa dalam sejarah Bimbingan dan Konseling (BK), Indonesia lebih dulu mempunyai kelembagaan dibandingkan dengan Malaysia, namun dalam perkembangannya Malaysia lebih bagus.

Oleh karena itu, dengan adanya MKU ini para calon Konselor Indonesia khususnya yang sedang menuntut ilmu di Universitas Riau, dapat menimba ilmu lebih dalam lagi dari pemaparan pemateri, beliau menambahkan.

Sebagai pemateri, Prof. Dr. Mansor Abu Talib menyampaikan bahwa, jangan sampai masalah  di bidang politik (perbatasan wilayah) mempengaruhi pemikiran kita di dunia pendidikan. Kita yang berada di dunia pendidikan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan negara dengan menjalin kerjasama setiap negara terutama ASEAN, dan mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA tersebut. Karena sejatinya MEA tidak hanya berdampak kepada sektor perekonomian saja namun semua sektor termasuk dunia pendidikan.

Designed & Developed by ThemeXpert